Cyber Campus

Cyber Campus adalah bentuk upaya untuk menjadikan suatu universitas menjadi berbasis teknologi informasi. Usaha tersebut dapat diterapkan di semua lini. Mulai dari sistem pembelajaran, kurikulum, fasilitas, maupun sarana dan prasarana lainnya. Semua hal tersebut dikembangkan dengan berbasis teknologi.

Misalnya pada sistem pembelajaran, seperti penggunaan power point untuk presentasi di depan kelas saat perkuliahan. Selain itu, presentasi tersebut juga bisa didukung dengan penggunaan layar LCD supaya presentasi di depan kelas menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Selain itu, Cyber campus juga bisa kita jumpai pada hal lainnya seperti pembuatan situs kampus. Disana, mahasiswa bisa melihat informasi yang berkaitan dengan kampusnya.

Misalnya seperti yang ada di UGM, yakni KRS Online. Dengan adanya KRS Online, tidak ada lagi antrian panjang di kampus hanya untuk mengisi KRS. Mengisi KRS kini bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun . Selain itu, dapat pula dikembangkan misalnya absensi online, mengecek presensi, pembelajaran online, virtual library, dll.

Menurut saya, Cyber campus yang bertanggung jawab adalah cyber campus yang dapat dengan sungguh bermanfaat bagi warga universitasnya. Selain itu, cyber campus yang bertanggung jawab adalah cyber campus yang memiliki infrastruktur memadai dan berkualitas sehingga dapat memenuhi prinsip dari cyber campus pada dasarnya yakni layanan online 24 jam sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.